Sudahkah Mengapresiasi Hal Baik yang Dilakukan si Kecil?

Sebagai ibu, wajar ya banyak hal yang harus kita lakukan. Terkadang fokus kita pun terbagi-bagi. Tapi,Bun, ini bukan berarti kita jadi lupa untuk mengapresiasi hal kecil yang dilakukan si kecil ya.

Jakarta, Baranews.co – Sebagai ibu, wajar ya banyak hal yang harus kita lakukan. Terkadang fokus kita pun terbagi-bagi. Tapi,Bun, ini bukan berarti kita jadi lupa untuk mengapresiasi hal kecil yang dilakukan si kecil ya.

Saat anak dan ibu sibuk, apalagi jika anak sudah masuk sekolah, kadang pencapaian sederhana yang anak lakukan bisa jadi lewat begitu saja. Kita anggap itu hal biasa, sehingga nggak terucap sedikitpun apresiasi untuk si kecil.

Padahal penghargaan kecil sekalipun dari ibu bisa membuat anak-anak tumbuh lebih bahagia dan memiliki karakter yang lebih positif lho, Bun.

“Ketika orang tua menyadari dan menghargai prestasi anak-anak mereka, anak akan termotivasi melakukan hal yang lebih positif,” kata Anna Surti Ariani, psikolog anak, dalam acara konferensi pers kampanye Lotte Choco Pie #PremiumMomentstogether, di Tugu Kunstring, Menteng, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurut psikolog yang akrab disapa Nina ini, dengan adanya keterikatan yang lebih baik antara ibu dan anak, aspek pertumbuhan sosial dan psikologis mereka akan tumbuh. Nah, hal tersebut bisa jadi kunci kesuksesan mereka di masa depan.

“Salah satu penelitian dari Havermans N, Sodermans A K, dan Matthijs, K pada tahun 2017 menemukan bahwa parental time berkaitan dengan hubungan orang tua dan anak yang lebih baik, dan ini mengarah secara tidak langsung ke kemampuan mereka di sekolah,” tambah Nina.

Nina menambahkan apresiasi atas hal yang anak lakukan nggak melulu soal hadiah kok, Bun. Dengan kita memeluk, cium, dan memuji si kecil itu sudah termasuk bentuk apresiasi.

Bicara soal momen berharga bareng anak, pada kesempatan yang sama, aktris Carissa Putri mengatakan sepadat apapun kegiatannya, ia tetap berusaha untuk menemani anaknya. Ya, meskipun yang dilakukan anak hanya hal kecil.

“Hal kecil aja kayak nemenin dia belajar, bahkan sekadar mewarnai atau baca buku. Kadang saya aja kaget kalau lihat prestasinya dan sadar betapa jauh dia tumbuh,” ungkap Carissa Putri.

Walaupun ia sibuk, ditambah sekarang sedang hamil 3 bulan, Carissa Putri masih sering ajak main anaknya, Quenzino atau yang akrab disapa Q, buat main permainan tradisional lho.

“Sekarang Q suka banget sama mainan tradisional kayak ludo, ular tangga, congklak. Permainan yang kayak gini nggak cuma bikin anak happy tapi aku sama ayahnya juga happy,” papar Carissa.

Kalau Bunda, bentuk apresiasi apa yang biasanya diberikan ke si kecil?

(detik.com/hp)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*